.:: RS Budiasih ::. Penyebab, Gejala, dan Pencegahan Cacar Monyet
Monkeypox
Penyebab, Gejala, dan Pencegahan Cacar Monyet

Cacar monyet (monkeypox) ditetapkan sebagai darurat kesehatan global oleh WHO pada Bulan Juli 2022 karena telah terdeteksi di lebih dari 70 negara dengan jumlah kasus cacar monyet yang mencapai belasan ribu. 

Cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh virus orthopoxvirus yang terjadi karena adanya kontak dengan orang atau hewan yang membawa virus monkeypox. Virus ini awalnya menular dari hewan ke manusia melalui cakaran atau gigitan hewan seperti tupai, monyet atau tikus yang terinfeksi.

Apakah Cacar Monyet Menular?

Penyakit cacar monyet dapat menular jika terjadi kontak langsung seperti percikan air liur yang masuk melalui mata, hidung, mulut atau luka di kulit atau melalui benda yang dapat terkontaminasi seperti handuk dan seprai yang sebelumnya digunakan oleh penderita cacar monyet.

Gejala Cacar Monyet

Gejala cacar monyet akan timbul 5-21 hari setelah penderita terinfeksi virus monkeypox. Gejala awal cacar monyet meliputi:

  1. Demam
  2. Lemas
  3. Menggigil
  4. Sakit Kepala
  5. Nyeri Otot
  6. Pembengkakan kelenjar getah bening yang ditandai dengan adanya benjolan di leher, ketiak atau, selangkangan.

Gejala awal dapat berlangsung selama 1-3 hari atau lebih. Setelah itu akan muncul gejala seperti ruam di wajah yang akan menyebar ke bagian tubuh lain seperti lengan dan tungkai. Ruam tersebut akan muncul seperti bintil yang berisi cairan nanah, lalu pecah dan berkerak, kemudian akan menyebabkan borok di permukaan kulit.

Pencegahan Cacar Monyet

Untuk mencegah penyakit cacar monyet, terdapat dua jenis pencegahan yang dapat dilakukan yaitu pencegahan utama seperti menghindari kontak langsung dengan hewan primata dan pengerat, seperti monyet, tupai, dan tikus, serta orang - orang yang sedang terinfeksi cacar monyet. 

Pencegahan kedua adalah pencegahan pendukung yang meliputi:

  1. Rajin mencuci tangan dengan sabun terutama sebelum memasak, makan, serta sebelum menyentuh area wajah dan luka.
  2. Menghindari berbagai penggunaan alat makan bersama atau bergantian dengan orang lain, juga tidak menggunakan barang yang sama dengan yang terinfeksi cacar monyet
  3. Menghindari kontak dan mengonsumsi hewan liar
  4. Memasak dan mengonsumsi bahan makanan yang matang terutama daging

Untuk mencegah penularan dokter akan memberikan atau menganjurkan vaksinasi smallpox

Referensi

Kemenkes.Cacar Monyet. 2022


Copyright © 2024. RS Budiasih | Online: 1 | Hits: 147 / 1